Karena mulai banyaknya orang-orang yang memiliki hobi bermain olahraga ini, maka keinginan untuk belajar teknik dasar sepak bola pun semakin meningkat!Permainan sepak bola adalah permainan yang sangat populer dan memiliki penggemar terbanyak di seluruh dunia. Olahraga ini dapat bermain dimana saja dan kapan saja hanya bermodalkan lapangan yang cukup luas dan sebuah bola saja. Permainan yang yang terdiri dari 2 tim dan beranggotakan 11 pemain ini dari tahun ke tahun yang menyukai olahraga ini terus meningkat, baik dari kalangan pemuda maupun orangtua.

Sebelum kita melanjutkan ke topik utama, mari kita mengenal terlebih dahulu sejarah olahraga sepak bola!

Sejarah sepak bola

Berdasarkan yang Minplex dapatkan informasi tentang sejarah sepak bola berdasarkan buku karya dari seseorang bernama Ina Hasanah, permainan sepak bola ini sudah ada dan terkenal oleh masyarakat pada tahun 255-206 masehi kurang lebih sekitar abad ke-2 hingga abad ke-3.

Negara china menggunakan olahraga sepak bola ini untuk melatih fisik para tentara tepatnya pada zaman Cun Qiu Zhan Guo pada musim semi musimnya para negara berperang. Tsu Chu adalah nama sebelum terkenalnya nama sepak bola ini. Tsu artinya adalah menerjang atau menendang bola dengan kaki, sedangkan chu artinya bola yang terbuat dari sebuah kulit dan memiliki sebuah isi.

Pada negara yunani juga telah terkenal permainan sepak bola ini sejak tahun 800 masehi lalu masyarakatnya mengenal dengan istilah epyskiro dan harpastrum. Selain negara yunani, negara Jepang juga sudah mengenal olahraga yang satu ini dengan sebutan kemari. lalu negara Italia juga mulai mengenal sepak bola ini pada abang yang ke-16.

Sejarah sepak bola modern

Seiring berjalanannya waktu olahraga ini semakin luas dan terkenal oleh masyarakat seluruh dunia hingga mungkin ke seluruh pelosok negeri. Sampai ada beberapa negara yang mengklain bahwa sepak bola berawal dari negaranya sendiri. Sejak permainan sepak bola ini berkembang menjadi olahraga yang modern, permainan ini terkenal sebagai permainan yang sangat brutal sampai menggunakan kekerasan sehingga menuai banyak permasalahan.

Dikutip dari Edmonton Journal, Seorang raja yang bernama Raja Edwar III dari Inggris hingga Raja James I dari Skotlandia sempat menentang bahkan melarang olah raga sepak bola ini.

Pada tahun 1863 adalah merupakan era dari kelahiran olahraga sepak bola modern telah membuat aturan dalam permainan sepak bola. Seorang yang bernama Fremason Tavern telah membuat peraturan sepak bola yang baku untuk bermain olahraga ini. Lalu sepak bola pun terus berkembang sampai dengan membentuk aturan main, wasit, hakim garis dan lain sebagainya.

Baca juga: Teknik dasar menendang bola

Sejarah permainan sepak bola di Indonesia

Mulai berkembangnya olahraga sepak bola di Indonesia ini mengawali mendirikan sebuah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada tanggan 19 April 1930 di daerah Yogyakarta. Pimpinan yang ditunjuk sebagai pemimpin PSSI adalah bernama Soeratin Sosrosoegondo .

Permainan sepak bola di Indonesia mulai banyak menyelenggarakan kompetisi sejak berdirinya PSSI. Semakin adanya kompetisi yang telah terselenggara masyarakat pun mulai menyukainya. Berbagai kejuaraan sepak bola banyak terselenggara agar masyarakat lebih antusias dan menyukai olahraga ini. Diantara kejuaraan yang telah terselenggara oleh PSSI adalah Divisi Satu, Divisi Dua, Liga Super Indonesia dan Divisi Utama. Selain menyelenggarakan kejuaraan untuk pria, PSSI juga menyelenggarakan kejuaraan untuk para wanita.

Sekarang saatnya Minplex kasih tau kamu bagaimana teknik dasar sepak bola yang baik dan benar.

Teknik dasar sepak bola menggiring bola

Teknik dasar permainan sepak bola
Picture from: canva

Sebuah teknik menggiring bola sangat perlu kamu kuasai dengan baik, teknik ini harus kamu latih dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Karena dalam permainan sepak bola hal ini sangat penting selain untuk kamu pribadi juga sangat berdampak pada kerja sama tim. Bagaimana mungkin kerja sama tim berjalan dengan baik jika seorang pemain tidak menguasai dengan benar teknik menggiring bola ini.
Teknik menggiring bola dapat kamu lakukan dengan beberapa cara:

1. Menggunakan kaki bagian dalam dan bagian luar

Teknik ini merupakan teknik yang dapat kamu gunakan untuk menghindari hadangan lawan bisa juga untuk menggiring pada lintasan menikung dengan cara zig zag.

2. Teknik dasar sepak bola menggunakan punggung kaki

Teknik ini merupakan teknik yang dapat kamu gunakan untuk menggiring bola dengan cepat secara lurus ke arah depan.

Untuk kamu yang sedang tahap belajar ada beberapa catatan kesalahan yang mesti kamu hindari:

  • Kamu jangan terlalu fokus untuk memandangi bola pada saat menggiring bola, jika kamu terlalu fokus mengakibatkan bola hilang kendali
  • Kamu menendang bola terlalu keras sehingga laju bola terlalu cepat sehingga bola tidak dapat dikuasai
  • Gerakan kaki kurang lincah dan gesit sehingga menyebabkan kaku dalam menguasai bola

Teknik dasar sepak bola menyundul bola

Teknik dasar permainan sepak bola
Picture from: canva

Teknik ini tidak kalah penting untuk kamu pelajari dan kuasai. Tidak sedikit para pemain baik pemula maupun seorang profesional pun sangat kesulitan dalam mengaplikasikan teknik ini. Karena teknik ini harus berada pada posisi yang tepat dan juga harus dengan bagian kepala yang tepat untuk menyundul agar membuahkan gol ke gawang lawan.

Beberapa cara yang dapat kamu pelajari dan kamu latih agar sundulan kamu semakin baik:

  • Saat datang bola kepada kamu, mata jangan sampai tertutup agar kamu dapat melihat dan mengarahkan bola tersebut
  • Usahakan bola mengenai jidat ketika menyundul dan arahkan lurus kedapan dengan mengunci leher
  • Posisikan kaki sedikit lebar dengan bahu dan ditekuk sesuaikan dengan datangnya arah bola
  • Kepala sedikit menghadap ke atas pada saat bola datang

Teknik menghentikan atau mengontrol bola

Picture from: canva

Dalam permainan sepak bola ini ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menghentikan atau mengontrol bola. Diantara cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan punggung kaki, kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dada, tulang kering paha dan lain sebagainya.

Sebagai catatan penting yang harus kamu perhatikan dalam menghentikan atau mengontrol bola:

  • Jangan menjadikan kebiasaan untuk menunggu bola karena hal ini sangat tidak boleh dilakukan karena pemain lawan akan merebutnya
  • Atur posisi badan sesuai dengan tinggi atau rendahnya bola
  • Pastikan anggota badan yang kamu gunakan untuk menahan atau mengontrol bola tidak kaku dan mengeras agar bola dapat terkontrol dengan baik

Baca juga: Manfaat bermain sepak bola

Teknik melempar bola ke arah dalam (Throw-In)

Sangat amat memperihatikan, faktanya banyak sekali seorang pemain meremehkan teknik yang satu ini. Mungkin bagi mereka ini kurang bermanfaat padahal pada pertandingan sepak bola hal ini sering terjadi. Bukan hanya bermanfaat saat dalam daerah gawang lawan, teknik ini pun bermanfaat pada semua sisinya. Bayangkan jika bola yang kamu arahkan tidak tepat sasaran sehingga pihak lawan dapat merebut dengan mudah.

Beberapa catatan untuk kamu dapat berlatih teknik ini dengan baik:

  • Gunakan kekuatan kedua tangan saat melempar bola ke arah teman satu tim
  • Pastikan kedua tangan untuk melempar bola berada tepat atas kepala
  • Tidak boleh menggunakan tipuan pada saat melempar bola
  • Pastikan kaki menyentuh tanah pada saat melempar

Teknik mengoper bola (Passing)

Teknik yang satu ini harus menjadi salah satu prioritas kamu dalam berlatih. Karena teknik ini harus benar-benar kamu kuasai sebelum bermain. Jika kamu tidak menguasai dengan baik teknik ini maka permainan dalam lapangan akan menjadi tidak baik.

Macam-macam teknik mengoper bola:

  • Mengumpan bola dengan pendek
  • Lalu ada juga dengana rintangan
  • Mengumpan tanpa rintangan
  • Mengumpan dengan cara melambungkan bola

Untuk artikel kali ini semoga bermanfaat untuk kalian ya dan share juga kepada teman-teman agar mengetahui teknik dasar ini dengan baik. Ikuti terus konten-konten menarik lainnya seputar olahraga dan komunitas hanya di Teamplex. follow seluruh akun media sosial Teamplex untuk mendapatkan update-update berikutnya. Salam Olahraga!

Kategori: Sepakbola

0 Komentar

Tinggalkan Balasan