Rekomendasi Sepatu Futsal yang terbaik bukan dari sekedar harganya. Sepatu futsal yang terbaik yaitu yang sesuai dengan posisi juga karakter bermain dan berbicara tentang futsal, olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang popular dikalangan Anak muda, terutama laki-laki. Futsal mulai popular di Indonesia pada tahun 2000-an. Perkembangannya terjadi sangat pesat hingga kini telah menjamur ke seluruh Indonesia

Futsal digemari karena permainannya yang menyenangkan. Futsal menjadi angin segar bagi para pecinta sepak bola, karena olahraga ini bisa menjadi alternatif mereka. Terlebih lagi banyak kemudahan pada permainan futsal. Jika dalam olahraga sepak bola memerlukan pemain minimal 22 orang, di futsal cukup 10 orang saja sudah bisa memainkan pertandingan. Sepak bola juga memerlukan lahan yang luas, sulit sekali di daerah perkotaan saat ini tersedia lahan terbuka hijau seperti itu. Futsal datang dengan kemudahan yaitu dengan ukuran lapangan yang jauh lebih kecil. Untuk menunjang permainan futsal, dibutuhkan sepatu futsal yang cocok dengan Kita. Sepatu futsal yang cocok akan memaksimalkan kemampuan kita dalam mengolah si kulit bundar di lapangan.

Rekomendasi Sepatu Futsal Sesuai Posisi dan Karakter Bermainmu

1.Rekomendasi Sepatu Futsal Untuk Posisi Pivot

Pivot merupakan posisi yang berada di bagian depan. Biasa disebut juga sebagai striker. Peran pivot dalam pertandingan adalah sebagai ujung tombak tim yang mencetak goal. Selain itu posisi pivot juga bisa sebagai penahan atau pemantul bola (wall) untuk dialirkan ke posisi flank.

Sepatu yang cocok untuk pemain di posisi pivot adalah sepatu yang memiliki midsole yang tinggi karena grip yang ada pada sepatu tersebut akan baik sebab di posisi pivot berkaitan erat dengan kekuatan dan keseimbangan. Dengan karakteristik sepatu seperti itu seorang pivot juga akan bisa memaksimalkan kekuatan tembakkannya. Contoh pemain-pemain yang berada di posisi pivot adalah Ferrao, Roccha yang berasal Brazil, sementara pada pemain lokal contoh pemain pivot di antaranya Syahidansyah Lubis, Caisar Silitongan dan Subhan Faidasa. Rekomendasi sepatu futsal yang cocok untuk pemain pivot adalah Specs Swervo, Specs Metasala, Ortuseight Jogosala, Puma One, X Munich G3.

Rekomendasi Sepatu Futsal Pivot Specs
Rekomendasi Sepatu Futsal Pivot : Specs Swervo

2.  Posisi Flank/Ala

Flank atau Ala merupakan posisi yang bermain di sisi lapangan, di kiri atau pun di kanan. Posisi Flank dalam sepak bola memiliki nama lain winger. Tugas pemain di posisi flank adalah untuk mengacak acak zona pertahanan lawan. Pemain flank harus memiliki kecepatan dan juga kelincahan. Contoh pemain pada posisi flank adalah ricardinho asal Portugal, untuk pemain dalam negri yaitu Adriansyah Runtuboy dan Syauqi Lubis.

Baca Juga : Sepatu Bola Lokal yang Bikin Kamu Keren

Rekomendasi sepatu futsal untuk posisi ini adalah sepatu yang ringan dan juga memiliki sole sepatu yang tipis. Sepatu seperti itu sangat cocok untuk posisi flank agar kecepatan yang dibutuhkan tidak terhambat oleh beban sepatu. Selain itu, sepatu untuk posisi flank harus memilki kelenturan yang bagus karena pemain pada posisi flank sering kali mengubah arah lari dalam sekejap. Jika sepatu yang tidak lentur bisa berbahaya bagi pemain flank karena akan menyebabkan slip sehingga rawan terjadi cidera. Di antara sepatu yang cocok untuk posisi Flank adalah Specs Lightspeed, Ortuseight Catalyst, Nike Mercurial, Adidas X.

Rekomendasi sepatu futsal flank ortuseight
Sepatu Futsal Flank : Ortuseight Catalyst

3. Posisi Anchor

Anchor adalah posisi yang bermain di bagian belakang, anchor merupakan orang terakhir yang beridiri di barisan belakang sebelum kipper. Anchor dalam futsal memiliki peran yang cukup vital dalam menyerang atau pun bertahan. Dalam kondisi menyerang anchor bertugas sebagai pengatur serangan, orang yang mendistribusikan bola ke depan. Dalam posisi bertahan anchor berfungsi sebagai tembok pertahanan terakhir.

Untuk bermain di posisi anchor harus memiliki visi bermain yang baik. Seorang anchor harus pandai membaca situasi pertandingan. Sebagai pemain yang berada di paling belakang sebelum kiper, anchor memiliki keleluasaan untuk melihat secara luas apa yang terjadi di seluruh sisi lapangan. Sepatu yang cocok untuk pemain anchor harus memiliki midsole sepatu yang tinggi agar memiliki kestabilan ketika apat melakukan passing. Selain itu, untuk sepatu pada posisi anchor harus memiliki upper yang bertekstur agar dapat mengontrol bola dengan baik. Contoh pemain yang berposisi sebagai anchor adalah Rio Pangestu, Sunny Rizki dan Andrei Harmaji. Adapun rekomendasi sepatu futsal yang cocok untuk pemain di posisi anchor adalah Specs Galatica, Ortuseight Inficta, Nike Tiempo, Adidas Predator.

nike tiempo
Rekomendasi Sepatu Futsal Anchor : Nike Tiempo

4. Posisi Kiper

Kiper adalah pemain yang berposisi persis di depan pertahanan gawang. Pemain ini bertugas untuk mengamankan gawang dari serangan lawan. Meski seorang kiper dominan menggunakan tangannya dalam mengantisipasi bola yang datang, sepatu bagi seorang kiper juga merupakan peralatan yang sangat penting.

Sepatu yang cocok untuk seorang kiper adalah sepatu yang memiliki elastisitas dan upper yang tebal. Sepatu dengan karakteristik seperti itu akan memudahkan pergerakan kiper. Upper yang tebal juga akan membuat sepatu lebih awet karena seorang kiper sering kali membuat seretan pada kakinya ketika menyelamatkan gawangnya dari kebobolan sehingga rawan terjadi kerusakan pada bagian uppernya. Rekomendasi sepatu yang cocok untuk posisi kiper adalah Ortuseight Jogosala Volta, Specs Metasala Rival.

Rekomendasi Sepatu Futsal Kiper
Rekomendasi Sepatu Futsal Kiper : Specs Metasala Rival

Masih banyak sepatu futsal yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan performa di lapangan. Sepatu Futsal yang terbaik bukan dari segi harganya, tapi yang sesuai dengan posisi dan karakteristik bermain. Namun, yang terpenting dari semua itu adalah kenyamanan. Selama Kita nyaman bermain dengan sepatu tersebut, apapun rekomendasinya, maka itu adalah yang terbaik untuk diri Kita.

Kategori: Futsal

0 Komentar

Tinggalkan Balasan