Pertandingan Basket Di Bulan Ramadhan
Picture provided by IBL Indonesia

Pandemic Corona sudah terjadi lebih dari satu tahun di Indonesia. Banyak sekali aktifitas olahraga yang harus terpaksa terhenti. Namun ini semua tidak menyusutkan semangat Indonesia yang terus ingin beraktifitas. Pada masa bulan ramadhan beberapa cara telah terlaksana untuk menyemangati aktifitas olahraga basket di masa pandemi. Junas Miradiarsyah selaku direktur Utama IBL, memiliki cara yang sangat pintar dalam mengatasi pandemic di bulan Ramadhan.

Pada tanggal 1 may 2020, saat umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Ada 16 pemain Indonesia basketball League (IBL) telah bertanding secara online, dalam pertarungan basket esport seri pertama yang tayang di youtube IBL dan FIBA. Kompetisi ini adalah sebuah inovasi selama off-season, pada saat bulan ramadhan. Kompetisi esport ini terlaksana untuk menjaga hubungan dan kedekataan silahturami antara klub pemain dan pengemar mereka.

Baca juga Pertandingan Basket Di Masa Pandemi

Game NBA 2K20

Main NBA 2k20 Di Bulan Ramadhan
picture provided by milenianews

Klub IBL yang bergabung dengan pertandingan basket online ini harus memainkan game NBA 2K20. Springhill Entertainment, perusahaan rintisan Lebron James adalah perusahaan yang memproduksi game ini. Game ini adalah game basket yang paling terkenal, karena game ini lengkap oleh fitur-fitur yang sangat menarik seperti; MyCareer, MyLeague, my neighborhood, MyBuild, dan fitur baru lainya. NBA 2K20 adalah game yang memikirkan strategi pemainnya. Permainan online ini bukan saja tentang bermain game, tapi juga menjadi sarana untuk meperkenalakan atlet-atlet NBA. Sebagai contoh, Atlet yang mempunyai fisik yang lebih besar akan mengurangi speed dari atlet tersebut, namun strength atlet tersebut besar, begitupun sebaliknya. Tak hanya itu stamina pemain akan lebih cepat habis pada saat digunakan untuk berlari jauh.

 Ini karena tidak semua pemain basket harus memiliki tubuh yang tinggi, beberapa atlet basket justru memiliki tubuh lebih kecil untuk melakukan scoring. Kesimpulannya, tinggi dan berat badan memiliki keunggulannya sendiri-sendiri.

Peraturan Esport IBL

Kegitaan ini juga membunuh kejenuhan selama masa “stay at home” dimana pelatihan hanya dapat dilakukan secara personal tanpa adanya pertandingan. Para pemain IBL yang ikut serta dalam pertandingan ini harus mengikuti peraturan-peraturan antara lain:

  • Bermain Game NBA 2K20 dengan konsol play station 4
  • Turnamen akan menggunakan sistem gugur di babak penyisihan dengan waktu permainan adalah 4 menit per kuarter (semi final dan final)
  • Peserta mempunyai waktu 5 menit untuk melakukan setting formasi sebelum pertandingan dimulai.
  • Format pertandingan best of three. Para pemain wajib mengirimkan tiga pilihan tim NBA mereka kepada panitia.
  • menggunakan tim NBA saat ini. Bukan tim klasik ataupun All Star NBA
  • tidak boleh menggunakan tim NBA yang sudah mereka mainkan pada babak sebelumnya.
  • Tiga tim NBA pilihan ini wajib dimainkan saat putaran semifinal dan final.
  • Peserta dilarang menekan tombol pause selama pertandingan berlangsung.
  • Peserta di perbolehkan menekan tombol pause atau melakukan pergantian pemain dan formasi pada fase time out.
  • Pemain yang melanggar akan diberikan peringatan, dan jika pelanggaran sering terjadi peserta akan didiskualifikasi.
  • Dilarang menggunakan cheat atau trik curang apapun yang merugikan lawan.

Hasil dari pertadingan basket di bulan ramadhan

Permain Esport 2020 telah berakhir dalam 2 seri. Klub basket dari Amartha Hangtuah menguasai turnamen ini. Kejadian ini berarti Hangtuah akan menjuarai IBL Esports Competition di dua periode.Adhi Pratama Prasetyo Putra, grup dari pelita jaya turut senang walaupun ia kalah dari Gunawan di babak semifinal sebesar 2-1. Kekalahan ini menjadi motivasi Adhi untuk mulai mencoba menggunakan tim NBA lain selain LA kakers. Sehingga 2 pesaing dari klub basket yang sama menjadi kompetisi.

Picture provided by IBL Indonesia

Pada akhirnya Abraham Wenas menjadi juara seri pertama dan Gunawan tampil sebagai juara seri kedua.

Dalam Pertandingan Esport ini sang juara, peserta, dan penonton pun terasa terhibur dengan adanya kompetisi ini.

Junas Miradiarsyah selaku direktur Utama IBL juga merasa puas dengan penyelengaraan Esport IBL yang pertama ini dan berencana untuk lebih baik untuk pertandinga esport selanjutnya.

Demikian paparan singkat tentang pertandingan pada bulan ramadhan. Semoga menghibur.

Ikuti terus konten-konten menarik lainnya seputar olahraga dan komunitas hanya di Teamplex. Pastikan kalian follow seluruh akun media sosial Teamplex untuk mendapatkan update-update berikutnya. Salam Olahraga!

Kategori: Basket

0 Komentar

Tinggalkan Balasan