Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa – Membela tim nasional tentu merupakan sebuah kehormatan dan kebanggan bagi setiap pemain sepak bola. Berbeda dengan bermain untuk sebuah klub, bermain untuk tim nasional atau negara bukan lagi soal uang ataupun popularitas, tapi bentuk pengabdian terhadap tanah air.

Setiap pemain sepak bola akan berjuang membawa kemenangan bagi negaranya dalam pertandingan internasional. Akan terasa lebih special lagi ketika mereka dapat berkontribusi secara langsung seperti turut menyumbangkan gol ataupun assist. Di antara beberapa pemain sepak bola bahkan selalu menjadi tumpuan negaranya dalam pertandingan. Kontribusinya bahkan menobatkan mereka menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di semua kompetisi bagi negaranya.

Lalu, siapakah pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah bagi sebuah negara? Ia adalah Ali Daei, penyerang asal Iran yang mencetak 109 gol dari 149 pertandingan. Namun, Ali Daei telah lama pensiun dan beberapa nama yang masih aktif masih sangat bisa melampaui catatan tersebut.


8 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Bagi Negara yang Masih Aktif Bermain:

8. Romelu Lukaku

pencetak gol terbanyak sepanjang masa lukaku
Romelu Lukaku

Lukaku merupakan salah satu dari golden team atau golden era yang dimiliki oleh Belgia. Ia berhasil membawa Belgia melaju hingga ke semi final FIFA World Cup 2018 di Russia. Lukaku merupakan ujung tombak yang selalu menjadi andalan Belgia di semua kompetisi.

Pemain keturunan Congo ini memiliki kelebihan di fisiknya yang besar. Hampir tak ada pemain lawan yang bisa memenangkan duel fisik dengan Lukaku. Dengan kemampuannya tersebut Lukaku telah berhasil mencetak 59 gol dari 91 pertandingan bagi Belgia. Torehan tersebut masih bisa bertambah mengingat kini Lukaku masih berada di usia emas seorang pemain sepak bola.

7. Zlatan Ibrahimovic

pencetak gol terbanyak sepanjang masa ibrahimovic
Zlatan Ibrahimovic

Ibrahimovic bisa dibilang sebagai pemain Swedia terbaik sepanjang masa. Ia sebenarnya bukanlah orang Swedia asli. Orang tuanya merupakan imigran dari Negara yang saat itu banyak terjadi konflik. Ibrahimovic akhirnya tumbuh di Negara Swedia dan memilihnya sebagai kewarganegaraannya.

Ibrahimovic merupakan pemain sepak bola yang juga memiliki gelar sabuk hitam taekwondo. Kemampuan bela dirinya tersebut sedikit banyak membantunya di atas lapangan hijau. Ibrahimovic memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, terbukti ia masih rajin mencetak gol meski usianya tak lagi muda.

Baca juga: 7 Alasan Erling Haaland Akan Jadi Striker Terbaik di Dunia

Total golnya bersama tim nasional Swedia yaitu 62 gol. Sebenarnya Ibrahimovic telah memutuskan pensiun dari tim nasional beberapa tahun lalu, namun di 2021 ia comeback setelah merasa masih bugar untuk membela Swedia di level internasional.

6. Luis Suarez

pencetak gol terbanyak sepanjang masa suarez
Luis Suarez

Suarez merupakan striker dengan kemampuan penyelesaian akhir yang luar biasa. Meski ulahnya di lapangan hijau sering kali menimbulkan kontroversi, tetap tak ada yang dapat meragukan narulirnya dalam membobol gawang.

Pemain yang memiliki julukan El Pistolero ini memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Di perempat final FIFA World Cup 2010 ia berani berkorban untuk mendapatkan kartu merah usai menyelamatkan Uruguay dari kebobolan dengan tangannya.

Semangatnya dalam bermain berhasil membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak bagi Uruguay sepanjang masa. Ia telah mencetak 63 gol dari 116 pertandingan sejak debutnya pada 7 Februari 2007 silam.

5. Robert Lewandowski

pencetak gol terbanyak sepanjang masa lewandowski
Robert Lewandowski

Penyerang asal Polandia ini merupakan mesin gol di tim manapun ia bermain. Meski Polandia bukanlah tim raksasa, Lewandowski selalu berhasil menjadi andalan Polandia dalam memenangi sebuah pertandingan. Ia bukanlah tipe striker yang senang membuang-buang peluang. Kemampuannya yang lengkap sebagai seorang striker selalu menjadi senjata utamanya. Ia kuat dalam bola atas, memiliki tendangan akurat dan juga kecepatan.

Sejak debutnya pada 10 September 2008, Lewandowski telah mencetak 66 gol dari 118 pertandingan bersama Polandia. Hal tersebut merupakan sesuatu yang luar biasa mengingat ia hanya bermain di tim kuda hitam.

4. Ali Mabkhout

ali mabkhout UAE
Ali Mabkhout

Nama yang terbilang cukup asing bahkan bagi pecinta sepak bola. Makhbout merupakan Striker asal Uni Emirat Arab yang cukup efektif ketika bermain untuk negaranya. Ia memiliki rasio gol 0.78 per pertandingan, angka yang terbilang tinggi untuk mencetak gol.

Mabkhout telah mencetak 68 gol dari 87 pertandingan bersama Uni Emirates Arab sejak debutnya pada 15 November 2009. Catatan golnya tersebut masih bisa bertambah karena saat ini ia masih aktif bermain.

Baca juga: Tiki Taka: Taktik yang Menjadi Kunci Sukses Barcelona

3. Lionel Messi

pencetak gol terbanyak sepanjang masa messi
Lionel Messi

Tak mengherankan jika pemain peraih 6 kali ballon d’or ini berada di daftar pencetak gol terbanyak. Meski belum menyumbangkan trofi bagi Argentina di level tim nasional senior, Messi selalu menjadi tumpuan bagi Argentina selama lebih dari satu dekade terakhir.

Torehan gol Messi bagi Argentina yaitu sebanyak 71 gol dari 142 pertandingan. Jumlah tersebut bahkan telah melebihi legenda Argentina yaitu Diego Maradona. Pemain berkaki Kidal ini berpeluang mencetak gol lebih banyak bagi Argentina karena masih ada berbagai pertandingan yang dapat ia lakukan seperti di FIFA World Cup 2022 di Qatar.

FIFA World Cup 2022 mungkin akan menjadi ajang terakhir bagi Messi untuk menyumbangkan gelar bagi negaranya setelah sebelumnya ia selalu gagal di partai final FIFA World Cup maupun Copa America. Dengan ambisinya tersebut torehan golnya masih bisa terus bertambah.

2. Sunnil Chhetri

sunnil chhetri india
Sunnil Chhetri

Chhetri merupakan nama kejutan yang berada di daftar pencetak gol terbanyak bagi sebuah negara. Jika biasanya sepak bola modern didominasi oleh pemain asal Eropa atau Amerika Selatan, Chhetri uniknya berasal dari Asia yaitu India.

Chhetri mencetak 72 gol dari 115 pertandingan sejak debutnya bagi tim nasional India pada 12 Juni 2005 silam. Meski masih aktif bermain dan berstatus sebagai pencetak gol terbanyak bagi India, sayangnya ia belum berhasil menembus skuad tim nasional India kembali sejak terakhir kali pada 19 November 2019.

1. Cristiano Ronaldo

pencetak gol terbanyak sepanjang masa ronaldo
Cristiano Ronaldo

Pemain berkembangsaan Portugal yang identik dengan nomor 7 ini merupakan pemain dengan total gol terbanyak sepanjang masa bagi tim nasional yang masih aktif bermain. Ronaldo memulai debutnya bersama tim nasional Portugal pada 20 Agustus 2003. Kehadirannya saat itu menjadi sorotan dunia karena ia baru saja pindah ke Manchester United dengan mewarisi nomor 7 yang sebelumnya dikenakan oleh David Beckham.

Saat ini Ronaldo telah mencetak 103 gol dari 173 pertandingan bersama Portugal. Ronaldo sangat berpeluang untuk menyalip torehan gol Ali Daei sebanyak 109 gol sebab Ronaldo saat ini masih aktif bermain sebagai atlet sepak bola.

Ronaldo memiliki kesempatan besar menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi sebuah negara karena ia masih akan bertanding di dua turnamen besar yaitu Euro 2020 yang diundur menjadi 2021 dan FIFA World Cup 2022 di Qatar.

Meski kini Ronaldo sudah berada di ujung karirnya, ia masih memiliki fisik layaknya pemain di usia 20 tahun. Ronaldo selalu menjaga kebugarannya, kemampuan mencetak golnya pun sama sekali belum pudar. Terbukti saat ini masih berada di urutan atas perebutan top scorer Serie A.

Selain menjadi pencetak gol terbanyak bagi Portugal, ia juga masih menjadi pencetak gol terbanyak Real Madrid. Ronaldo juga masih berambisi pundi-pundi golnya di Liga Champions meski kini ia telah menyandang status sebagai Pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Champions.

Baca juga: 12 Pemain yang Layak Dapat Ballon D’or Apabila Tak Ada Ronaldo & Messi


Demikianlah daftar 8 pemain yang paling banyak mencetak gol bagi tim nasional yang masih aktif bermain. Ikuti terus konten-konten menarik lainnya seputar olahraga dan komunitas hanya di Teamplex. follow seluruh akun media sosial Teamplex untuk mendapatkan update-update berikutnya. Salam Olahraga!

Kategori: Sepakbola

0 Komentar

Tinggalkan Balasan