Pelanggaran dalam sepak bola. Berbicara tentang olahraga yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kamu. Yaps, Olahraga ini adalah salah satu olahraga yang paling banyak penyuka dan juga penggemarnya baik kalangan pemuda dan juga orang tua. Tidak hanya sebagai sarana dalam meningkatkan kesehatan tentunya sepak bola bisa menjadi sarana untuk menjalin persahabatan ataupun persaudaraan. Karena olahraga ini selain murah meriah bisa bermain dimana saja dan juga murah meriah.

Sepak bola adalah olahraga yang sangat menjunjung tinggi spotifitas atau fair play. Permainan yang satu ini selain tujuan utamanya adalah kemenangan tetapi kamu tidak boleh menjadi pemain yang egois karena olahraga ini harus dapat bermain dengan kekompakan tim atau kerja sama yang baik. Oleh karena itu kamu harus mengetahui apa saja pelanggaran dalam sepak bola yang harus kamu keketahui sebelum bermain. Seseorang yang dapat menentukan suatu pelanggaran atau tidak dalam sebuah permainan atau pertandingan adalah seorang wasit.

Dalam sebuah aturan sepakbola ada yang namanya aturan pelanggaran, baik itu pelanggarang yang di sengaja maupun tidak. Tentunya dalam hal ini para pemain atau penyelenggara harus benar-benar mencari wasit yang paham dan berpengalaman dalam memimpin suatu pertandingan. Sangat fatal jika seorang wasit yang telah untuk memipin sebuah pertandingan itu tidak mengerti pelanggaran dalam sepak bola dan hukumannya. Pastinya pertandingan tersebut akan menjadi sangat kacau bisa terjadi keributan baik dari sisi pemain ataupun pendukung jika memutuskan suatu pelanggaran dengan keliru.

Pelanggaran olahraga sepak bola secara umum hanya terbagi dua yaitu pelanggaran yang kecil atau berat. Contoh pelanggaran kecil dari seorang pemain sepak bola adalah ketika pemain melakukan tindakan tidak sengaja terhadap pemain lawan atau bisa juga tindakan yang tidak melukai pihak lawan. Adapun pelanggaran berat yang pemain lakukan adalah pelanggaran yang sengaja menyebabkan pemain lawan terluka.

Beberapa yang biasa pemain sepak bola lakukan dalam pelanggaran kecil yaitu ketika bola tersebut menyentuh atau mengenai bagian tangan. Lalu jika dan pelanggaran berat adalah mentackling kaki lawan menggunakan kedua kaki.

Baca juga : Tips atasi cidera ACL dalam bermain


Pelanggaran dalam sepak bola yang menyebabkan pinalti

Pelanggaran dalam sepak bola
Picture from: canva

Pada kasus pelanggaran dalam bermain olah raga yang satu ini adalah sebuah hukuman yang akan wasit berikan pinalti adalah jika pelanggaran tersebut jika terjadi pada dalam kotak pinalti. Adapun jika pelanggaran itu sedikit keluar dari kotak pinalti maka wasit tidak berhak menghukum suatu pelanggaran tersebut menjadi pinalti.

Pelanggaran yang dapat menyebabkan seorang wasit mengambil tindakan pinalti itu bisa berupa pelanggaran yang kecil maupun juga pelanggaran yang berat. Tentunya kecil dan beratnya pelanggaran yang pemain lakukan dapat merugikan sebuah tim.

Beberapa kasus yang terjadi dalam sebuah pertandingan sepak bola ketika wasit memberikan sebuah keputusan untuk menghadiahkan pinalti adalah bola mengenai tangan pemain atau biasa disebut hands ball .
Lalu bisa juga ketika pemain lawan dijatuhkan dalam kotak pinalti. Ketika pemain atau sang eksekutor sedang mengeksekusi tendangan pinalti yang wasit berikan, seluruh pemain kecuali dia harus berada pada luar kotak pinalti.

Pelanggaran yang mengakibatkan tendangan bebas

Pelanggaran dalam sepak bola
Picture from: canva

Dalam dunia olahraga sepak bola ada 2 macam pelanggaran yang mengakibatkan sebuah tim mendapatkannya yaitu tendangan bebas secara langsung ataupun secara tidak langsung. Berikut penjelasannya:

Tendangan bebas secara langsung

  • Seorang pemain yang menyentuh atau memegang bola dengan tangan atau lengan baik itu sengaja maupun tidak
  • Mendorong pemain lawan dengan lengan, tangan atau badan
  • Memegang pemain lawan dengan cara menarik memakai tangan atau lengan
  • Merebut bola dari pihak lawan dengan cara tackling namun tidak mengenai bola melainkan mengenai kaki lawan
  • Menghantam pemain lawan dari belakang
  • Memukul pemain pada saat pihak lawan membawa bola maupun tidak
  • Sengaja menghantam pemain lawan dengan kasar

Tendangan bebas secara tidak langsung

Pelanggaran yang satu ini dapat menjadikan sebab atau kejadian dilapangan apakah mendapatkan tendangan bebas secara tidak langsung dari keputusan wasit. Jika seorang pemain menendang dan mengarahkan bola tersebut ke arah gawang lawan lalu tidak terjadi adanya gol maka ini bisa termasuk tendangan bebas secara tidak langsung.

Jika seorang pemain menginginkan tendangan bola tersebut menghasilkan gol, maka seorang pemain yang menendang mengupayakan agar bola tersebut tersentuh oleh teman atau rekan satu timnya.

Pelanggaran dalam sepak bola oleh penyerang

Penyebab terjadinya pelanggaran dalam sepak bola adalah salah saatunya dari faktor pemain yang berada sebagai penyerang. Seorang penyerang memiliki sebuah beban tersendiri bagaimana agar sebuah tim yang mempercayakan pemain tersebut sebagai penyerang haruslah membuat sebuah goal untuk kemenangan.

Faktanya bahwa tidak sedikit pemain yang mempunyai posisi sebagai penyerang tidak mampu bermain secara maksimal, bahkan dari beberapa pertandingan yang telah berjalan seorang penyerang itu belum mampu memberikan goal untuk timnya. Berikut adalah beberapa pelanggaran yang biasa dilakukan oleh seorang penyerang:

  • Pemain tidak menendang bola melainkan menendang kaki sebuah pemain bertahan lawan
  • Memiliki sikap yang kurang baik terhadap pemain bertahan lawan seperti berbicara kotor atau menjatuhkannya
  • Larangan memakai tendangan tipuan pada saat pinalti tetapi ada beberapa pemain masih melakukannya

Pelanggaran tim bertahan

Banyaknya para pemain bertahan melakukan pelanggaran, hal itu terjadi karena seorang pemain bertahan berusaha menjaga wilayahnya dari serangan pihak lawan. Oleh karena pemain bertahan ini berusaha secara maksimal untuk menjaga wilayahnya terjadilah pelanggaran yang tidak diinginkan.
Berikut adalah macam-macam pelanggaran yang banyak pemain bertahan melakukannya:

  • Menghadang pemain lawan dengan cara yang kasar
  • Mencaci maki pemain lawan
  • Menjatuhkan pemain lawan dengan cara mendorongnya
  • Merebut bola dari pihak lawan dengan cara mentekel kakinya

Pelanggaran dalam sepak bola penjaga gawang

Seorang penjaga gawang adalah sebuah benteng pertahanan terakhir dalam sebuah tim sepak bola. Betapa sigap dan berusaha kerasnya seorang kiper itu menjaga dengan sebaik-baiknya gawang agar tidak terjadi sebuah goal yang pemain lawan lakukan. Upaya kerasnya dalam menjaga sebuah gawang tersebutlah terkadang seorang kiper melakukan hal-hal yang seharusnya tidak mereka lakukan.

Tetapi apa daya mereka melakukannya karena sangat ini gawang tersebut tidak terjadi gol dari pihak lawan. Berikut beberapa pelanggaran yang kiper lakukan:

  • Melakukan penghadangan bola dengan cara kasar
  • Memegan bola terlalu lama tanpa memantulkan dalam 4 langkah
  • Mengulur waktu saat terjadinya tendangan gawang
  • Berusaha menendang atau merebut bola yang telah tertangkap kiper
  • Terjadi kontak fisik saat perebutan bola
  • Memegang bola yang melewati daerah kotak pinalti

Baca juga: Manfaat bermain sepak bola untuk kesehatan

Itulah beberapa pelanggaran sepak bola dan penjelasannya. Silahkan share kepada kerabat atau rekan setimnya Semoga bermanfaat untuk teamin-teamin.
Ikuti terus konten-konten menarik lainnya seputar olahraga dan komunitas hanya di Teamplex. follow seluruh akun media sosial Teamplex untuk mendapatkan update-update berikutnya. Salam Olahraga!

Kategori: Sepakbola

0 Komentar

Tinggalkan Balasan