latihan basket di bulan puasa
picture provided by indihome

Halo teamin-teamin, Kalian tau nga sih kalau olahraga di bulan puasa itu sangatlah penting. Walaupun perut kosong dan lapar, kita tidak boleh melupakan kesehataan tubuh dengan menyampingkan olahraga. Banyak Pakar yang menyatakan pentingnya berolahrada di bulan suci ini. Kali ini Minplex, akan bagi tips and trick untuk tetap olahraga, khususnya olahraga basket.

Pada tahun 2013 tim nasional basket Indonesia terus berlatih untuk pertadingan SEA Games akhir tahun, walaupun ini memasuki bulan puasa. Salah satu atlet basket bernama Christian Ronaldo Sitepu menyatakan bahwa jadwal latihan mereka sampai saat ini belum berubah, yakni latihan pagi dan sore masing-masing selama tiga jam setiap hari. Setiap hari Rabu dan Jumat mereka terus berlatih untuk keburan fisik. Sedangkan untuk hari lainya mereka melatih Teknik-teknik basket untuk memenangkan pertadingan SEA. Walaupun negara yang mereka lawan tidak mejalankan puasa , Christian Ronaldo pun juga menargetkan bahwa mereka siap untuk mendapatkan mendali perak.

Lalu bagaimana cara bermain basket di bulan puasa?

Jenis Olahraga saat bulan puasa

Erwin Triono selaku Basketball Director DBL Academy membagikan tips and trick untuk tetap berolahraga selama bulan puasa.

  • Latihan fisik: dengan rutin berlatih fisik, membuat kita memiliki daya imun yang lebih kuat dengan melatih stamina dan otot kita
  • Olahraga anaerobik: Latihan yang berlangsung setelah berbuka puasa dan shalat tarawih. Latihan ini adalah latihan yang cukup berat dan memakan banyak stamina, sebab tubuh sudah terisi asupan. Sebagai contoh skipping, jogging, bersepeda, dan berbagai jenis latihan berat lainnya
  • Latihan aerobic: latihan yang mengunakan gerakan- gerakan yang ringan yang tidak memkan banyak stamina. Seperti contoh: pushup, wallsquat, pullup, dan sebagainya. Latihan ini biasanya berlangsung sebelum berbuka puasa. Pada latihan ini kita harus menjaga detak jantung, supaya tidak terlalu lelah. Berlatihlah 1 jam per hari dan tetapkanlah waktu itu menjadi waktu yang konsistent sehingga tubuh dapat memahami polanya.

Baca juga Belajar bola basket bersama teamplex!

Kebihan olahraga di bulan puasa

  • mengunakan lemak dalam tubuh sebagai energi, yang dapat memberikan efek tone pada tubuh. Ini dapat melatih tubuh kita mencapai stamina yang tinggi, sehingga kita tidak mudah lelah kedepanya.
  • Menurunkan penyakit gula darah dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. INi yang dinamkan intermediate fasting, yang dapat melatih tubuh kita memproduksi energi walau kita tidak memiliki asupan.

Waktu berolahraga

Terdapat 3 waktu yang dapat digunakan untuk melatih tubuh saat berpuasa

  • Sebelum sahur: berarti kita dapat berolahraga jam 3 WIB waktu indonesa. Waktu ini adalah yang paling efektif, karena energi yang kita miliki masih banyak, dan setelah kita menggunakanya kita dapat mengisinya kembali.
  • Satu jam sebelum berbuka puasa melakukan olahraga anaerobic
  • Setelah solat tawarih melakuan olahraga aerobic

Makanan yang baik saat bulan puasa.

  • Hindari makanan yang terlalu manis, berminyak atau digoreng
  • Jangan makanan yang terlalu berminyak
  • Hindari makanan yang terlalu sering di goreng
  • Makan 4 sehat 5 sempurna dengan tinggi serat termasuk (kabrohidat, protein, sayur, buah, dan lemak)
  • Minum air yang banyak setelah berbuka

Baca juga bagaimana Atlet basket menjalankan puasa mereka.

Kategori: Basket

0 Komentar

Tinggalkan Balasan