Kiper terbaik dunia – kiper adalah posisi paling terakhir dalam permainan sepak bola. Perannya seringkali dianggap sebelah mata. Padahal keberadaannya bisa menjadi penentu kemenangan bagi sebuah tim.

Kiper yang hebat harus mampu menahan serangan-serangan yang datang dari penyerang lawan. Tak jarang penyerang yang hebat sekalipun tak berdaya jika berhadapan dengan kipper yang hebat.

Jika dahulu untuk menjadi seorang kiper harus memiliki jangkauan dan lompatan yang tinggi, kini perannya semakin kompleks. Kiper kini menjadi titik awal skema penyerangan. Dalam bertahan kiper juga kini harus memiliki kemampuan untuk membaca situasi kapan harus keluar kotak penalti untuk memutus serangan lawan.

Di antara Negara-negara yang ada, Jerman dan Inggris adalah dua Negara yang saat ini memiliki stok melimpah. Siapa saja kiper-kiper top dari Negara ini? berikut daftar kiper-kiper top dari kedua negara:


Kiper dari Jerman

kiper terbaik dunia asal jerman

1.       Manuel Neuer

Neuer merupakan kiper asal Bayern Munich yang selalu menjadi pilihan no.1 tim nasional Jerman selama ini. Sejak debutnya di tim nasional Jerman, tidak ada kiper lain yang mampu menggeser posisi utamanya.

Neuer memiliki badan yang tinggi dan besar, tubuhnya tersebut mendukung ia sehingga bisa menjangkau bola secara luas. Refleks Neuer pun sungguh cepat. Ia tak segan-segan keluar dari kotak penalti untuk memotong bola yang datang ke area pertahanannya.

Bersama tim nasional Jerman, Neuer telah menyumbangkan satu gelar piala dunia di tahun 2014. Di level klub, bersama Bayern Munich ia telah memenangkan segalanya. Termasuk saat the Bavarian meraih sextuple di tahun 2020.

2.       Marc Andre Ter Stegen

Ter Stegen adalah kiper utama tim raksasa asal spanyol yaitu Barcelona. Jika ada satu nama yang layak menggantikan Neuer di tim nasional Jerman, Ter Stegen lah orangnya. Dengan semakin menuanya Neuer, Ter Stegen akan menjadi kiper masa depan Jerman.

Sama halnya dengan Manuel Neuer, Ter Stegen memiliki reflek yang luar biasa cepat. Ia bisa mengantisipasi bola yang datang dengan cepat. Seringkali penyelamatannya membawa timnya meraih kemenangan.

 Performanya yang impresif bersama FC Barcelona, bisa saja sewaktu-waktu menggeser posisi nomor satu Neuer di tim nasional Jerman. Bagaimana tidak, Neuer telah bertahun-tahun memiliki pengalaman membawa Barcelona meraih gelar liga spanyol maupun kejuaraan yang lainnya.

Ikuti kuis dan games menarik seputar sepak bola (gratis)!

3.       Bernd Leno

Leno merupakan kiper utama Arsenal sejak 2018 silam. Arsenal mendatangkan Leno setelah penampilannya yang impresif bersama Bayern Leverkusen.  

Selayaknya kiper Jerman lainnya, Leno memiliki bakat menjadi kiper top dunia. Ia juga memiliki reflek yang bagus untuk menangkap ataupun menangkis bola. Sayangnya hingga kini Leno belum berhasil menembus kiper utama Jerman dan masih berada di bawah bayang-bayang Neuer dan Ter Stegen yang usianya lebih senior daripadanya.

Meski di 2021 Arsenal terseok-seok di liga premier Inggris, Leno sebelumnya berhasil mengantar Arsenal meraih Piala FA dan Piala Community Shield di 2020. Bukan hal yang mustahil jika penampilannya terus meningkat, ia mampu menggeser Neuer dan Ter Stegen di tim nasional Jerman.

Kiper Terbaik versi Inggris

kiper terbaik dunia dari inggris

1.       Jordan Pickford

Kiper asal klub Everton ini merupakan penjaga gawang nomor satu pilihan Gareth Southgate, manajer tim nasional Inggris pada gelaran piala dunia 2018 lalu. Pickford pertama kali muncul ke permukaan setelah mendapat label kiper Inggris termahal setelah didatangkan oleh Everton.

Banyak pengamat yang mengatakan bahwa Pickford sebenarnya  tak layak mendapatkan posisi nomor satu di tim nasional Inggris. Pickford menjawab tudingan tersebut dengan mengantarkan Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018.

Sayangnya Pickford hanya bermain di klub sekelas Everton, sehingga di level klub ia belum pernah menghasilkan gelar apapun. Penampilannya di  Everton cukup konsisten. Ia selalu menjadi pilihan utama Carlo Ancelotti.

Baca juga: berita transfer sepak bola 2021: Haaland ke Barca, Mbappe ke Madrid?

2.       Nick Pope

Pope merupakan kiper yang bermain untuk Burnley. Memiliki tinggi badan 1,98 cm membuatnya memiliki postur yang ideal untuk menjadi seorang penjaga gawang.

Pope memiliki reflek yang bagus sebagai seorang penjaga gawang. Tak sedikit pengamat sepak bola yang mengatakan bahwa Pope lah yang seharusnya menjadi penjaga gawang nomor satu tim nasional Inggris.

Salah satu faktor yang membuat Pope menjadi pilihan kedua setelah Pickford mungkin adalah karena ia hanya bermain di tim papan bawah Liga Premier Inggris. Meski demikian, Pope selalu membuktikan diri dengan bertengger di daftar penjaga gawang dengan clean sheet terbanyak di Liga Premier Inggris selama bermusim-musim.

3.       Dean Henderson

Di tengah sengitnya perdebatan siapa yang terbaik antara Pickford dan Pope dalam menjaga gawang tim nasional Inggris, tiba-tiba muncul satu nama muda jebolan akademi Manchester United  yang mencuri banyak perhatian. Ia adalah Dean Henderson atau sapaan akrabnya Deano.

Pada tahun 2018 Deano bermain untuk Sheffield United dengan statu pinjaman, ia berhasil mengantarkan Sheffield United promosi ke Liga Premier Inggris. Di musim 2019, penampilannya seketika melejit dengan catatan clean sheet  salah satu yang terbaik, Ia adalah tipe kiper modern yang bisa turut ikut serta membantu proses build up serangan. Ia juga tak ragu untuk memotong bola yang datang ke pertahanannya meski harus mengambil risiko dengan keluar dari kotak penalti. Hal tersebut membuat Manchester United menariknya kembali pada musim 2020.


Di antara ketiga kiper Inggris, Pickford, Pope dan Deano, hanya Deano yang kini bermain untuk klub besar. Deano bahkan kini perlahan mulai menggeser posisi De Gea di Manchester United.

Bukan tidak mungkin, kini Deano lah yang akan menjadi kiper utama tim nasional Inggris. Apalagi ia sudah menjadi pilihan utama Inggris dari tim nasional junior u-16 hingga u-21.

Diantara nama-nama di atas siapa yang terbaik? Performa seorang kiper tidak bisa dilihat hanya dari seberapa banyak ia kebobolan. Sebab ketika seorang kiper kebobolan banyak sekali faktor penyebabnya, seperti kelalaian pemain bertahan yang membuat penyerang langsung berhadapan dengan seorang kiper.

Tolak ukur kiper terbaik juga tidak bisa diukur dari berapa banyaknya trofi yang telah ia raih. Sebab bisa saja seorang kiper tidak bisa meraih gelar satupun bukan karena kemampuannya yang buruk, tapi karena tidak memiliki rekan setim yang mampu membantunya.

Banyak tipe-tipe kiper saat ini. Ada kiper yang memiliki kelebihan di reflek yang bagus. Ada kiper yang memiliki kemampuan untuk membantu build up serangan, dan ada juga kiper yang berani memotong bola keluar areanya. Mana kiper yang terbaik?

Kiper yang terbaik kembali lagi adalah yang sesuai dengan kebutuhan tim. Jika tim memiliki gaya permainan yang membutuhkan build up dari bawah, kiper gaya ‘modern’ lah yang cocok, namun jika sebuah tim tidak memerlukan itu, kemampuan build up pun tidak bisa menjadi nilai tambah. Jadi kiper mana yang terbaik jawabannya adalah yang sesuai dengan kebutuhan tim.

Baca juga: Mengupas Rivalitas MU dan Liverpool, Ternyata Ini Penyebabnya!


Demikianlah ulasan tentang dua negara dengan stok kiper melimpah. Ikuti terus konten-konten menarik lainnya seputar olahraga dan komunitas hanya di Teamplex. follow seluruh akun media sosial Teamplex untuk mendapatkan update-update berikutnya. Salam Olahraga!

Kategori: Sepakbola

0 Komentar

Tinggalkan Balasan