Gelandang Bertahan Terbaik – Adanya posis dalam permainan sepak bola. Ada pemain yang bertugas untuk menyerang dan ada juga yang bertugas untuk bertahan. Di antara beberapa posisi yang ada gelandang bertahan merupakan salah satu posisi yang cukup penting perannya baik dalam penyerangan maupun dalam bertahan.

Dahulu peran gelandang bertahan hanya sekadar memutus serangan lawan, namun di era sepak bola modern peran gelandang bertahan kini dalam sebuah permainan kini meningkat drastis. Seorang yang bermain di gelandang bertahan kini tak hanya harus memiliki otot yang kuat, namun memiliki otak yang cerdas.

Beberapa nama besar pernah bermain di posisi gelandang bertahan ini seperti Xabi Alonso dari Spanyol, Gattuso dari Itali dan Gilberto Silva dari Brazil. Kini muncul nama-nama baru yang perannya di lapangan hijau semakin vital, tak jarang seorang gelandang serang ini bahkan turut mencetakkan gol dan assist bagi timnya. Siapa saja gelandang bertahan terbaik di 2021? Berikut penjelasannya.


12 Gelandang Bertahan Terbaik 2021:

gelandang bertahan terbaik 2021

12. Franck Kessie

Kessie merupakan gelandang bertahan yang bermain untuk AC Milan.  Ia datang ke AC Milan sejak tahun 2017. Di 2021 ini merupakan tahun terbaiknya sepanjang karirnya selama ini. Bagaimana tidak, AC Milan yang sudah lama terpuruk kini berhasil ia bawa kembali ke jalur perebutan juara Serie A.

Kessie bukanlah gelandang bertahan dengan umpan-umpan terbaik, tapi etos kerjanya di lapangan wajib mendapatkan acungan jempol. Ia seperti jendral di lapangan tengah, mengejar kemana pun bola datang untuk memutus serangan lawan.

11. Sergio Busquest

Taka ada yang meragukan kehebatan Busquets di lapangan, meski usianya kini sudah memasuki akhir karirnya tapi penampilannya tetap menjanjikan. Baru-baru ini bahkan Busquets memimpin Barcelona untuk memenangi Copa Del Rey. Selama bertahun- tahun ia selalu menjadi pilihan utama lini tengah Barcelona.

Kemampuan passing-passing pendeknya yang akurat membuat ia cocok mendapatkan apresiasi sebagai salah satu gelandang serang terbaik di dunia. Ia juga pandai dalam membaca situasi pertandingan, kapan harus mendistribusikan bola dan kapan harus menahan bola untuk menurunkan tempo permainan. Soal umpan satu dua sentuhan Busquets adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Ikuti kuis dan games menarik seputar sepak bola (gratis)!

10. Jorginho

Pemain berkebangsaan Italia keturunan Brazil ini kini bermain untuk Chelsea. Jorginho dating ke Chelsea dari Napoli dengan harapan mampu menjadi jenderal lini tengah Chelsea. Keputusan Chelsea memboyongnya  tak salah, ia berkembang menjadi salah satu gelandang serang terbaik di dunia  dengan kemampuannya.

Sebagai seorang gelandang bertahan ia memang tidak memiliki fisik yang menguntungkan karena berbadan kecil, namun kemampuannya  dalam mendistribusikan bola dengan akurasi yang tinggi sangat luar biasa. Ia tau bagaimana menerobos pertahanan ketat lawan dengan umpan-umpannya.

9. Scott Mctominay

Mctominay adalah gelandang bertahan muda jebolan akademi Manchester United. Bakatnya sudah tercium sejak ia masih di tim junior. Sir Alex Ferguson pun bahkan secara terbuka menyarankan Mourinho, Manajer Manchester United untuk mempromosikannya ke tim utama.

Keputusan tersebut sangat tepat, kini Mctominay berkembang menjadi gelandang bertahan yang memiliki agresivitas yang luar biasa. Dengan postur badan yang sangat tinggi ia mampu memenangkan duel di lini tengah dengan mudah. Ia juga beberapa kali mencetak gol dari luar kotak penalti. Perannya sebagai penyeimbang di lini tengah MU kini hamper tak tergantikan.

8. Thiago Alcantara

Gelandang bertahan senior yang bermain untuk klub Liverpool ini merupakan salah satu gelandang dengan visi bermain yang sangat baik. Liverpool mendatangkannya dari Bayern Munich setelah Thiago berhasil mengantarkan Bayern Munich memenangkan sextuple atau 6 gelar sekaligus dalam satu musim.

Biasanya seorang gelandang bertahan memiliki postur yang tinggi dan besar, namun Thiago justru sebaliknya. Ia memiliki badan yang terbilang kecil, namun kengototannya di lapangan mampu menutupi kekurangan fisiknya. Ia juga gelandang yang cerdas, umpan-umpannya mampu menerobos lini pertahanan lawan yang ketat.

7. Frankie De Jong

De Jong merupakan salah satu pemain muda paling potensial di dunia. Di usianya yang belum genap 20 tahun ia berhasil tampil reguler di klub lamanya, Ajax Amsterdam. Ia bahkan sempat membawa Ajax secara mengejutkan tembus hingga ke semifinal Liga Champions tahun 2019 setelah mengalahkan Real Madrid di babak 8 besar.

Berkat penampilannya yang impresif membuat Barcelona memboyongnya dengan harga £75m. Harga tersebut dibayar tuntas oleh De Jong. De Jong selalu tampil baik di lini tengah Barcelona, ia memiliki kemampuan passing-passing pendek yang akurat. Pergerakan tanpa bolanya pun kerap membuat pertahanan lawan menjadi kesulitan.

6. Fabinho

Pemain berkebangsaan Brasil ini memainkan peran gelandang bertahan dengan sangat baik di Liverpool. Ia merupakan bagian dari pemain yang membawa Liverpool sukses menjuarai Liga Champions tahun 2019 dan Liga Premier Inggris pada tahun 2020.

Fabinho memiliki kemampuan memutus serangan lawan dengan baik, entah dengan intercept maupun tackle. Keagresifannya di sisi tengah membuat gelandang serang lawan menjadi kesulitan untuk mendistribusikan bola. Fabinho juga kerap kali menjadi bek dadakan apabila timnya sedang kesulitan sebab ia memiliki kemampuan bertahan yang patut mendapatkan acungan jempol.

Baca juga: Inggris vs Jerman, Negara Dengan Stok Kiper Melimpah, Siapa Terbaik?

5. Fernandinho

Sama halnya dengan Fabinho, Fernandinho juga salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia berkebangsaan Brazil. Bedanya ia bermain untuk Manchester City. Tak terhitung betapa banyaknya  gelar yang telah ia berikan untuk Manchester City, dari Liga Premier Inggris hingga Piala domestik.

Sebagai seorang gelandang bertahan ia memiliki kemampuan yang cukup komplit, ia mampu bertahan dengan memutus umpan-umpan lawan dan juga tackle yang efektif. Dalam hal penyerangan ia juga berperan penting dalam proses build up. Ia memiliki kemampuan passing-passing pendek dengan akurasi yang tinggi.

4. Jordan Henderson

Henderson merupakan kapten dari Liverpool. Ia didatangkan oleh Liverpool sebagai suksesor legenda mereka yaitu Steven Gerrard. Henderson memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat baik, ia mampu  mengkoordinir lini tengan dan memotivasi semangat rekan-rekan setimnya.

Sebagai seorang gelandang bertahan ia juga memiliki kemampuan yang lengkap dalam bertahan maupun penyerangan. Ia mampu melakukan pressing yang membuat gelandang lawan kesulitan. Dalam hal penyerangan ia juga memiliki umpan jarak jauh yang akurat, tak jarang umpannya langsung membuat rekannya berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan.

3. N’golo Kante

Kante merupakan gelandang bertahan yang membawa Leicester City menjuarai Liga Premier Inggris pada tahun 2016. Semusim kemudian ia diboyong Chelsea untuk bermain di Stamford Bridge, efeknya sangat instan, ia langsung membawa Chelsea menjuarai Liga Premier Inggris pada tahun 2017.

Meski berbadan kecil, ia memiliki etos kerja yang sangat tinggi. Ia memiliki julukan “Kante everywhere” sebab kemanapun bola pergi, ia tak ragu untuk mengejarnya. Selain itu  Kante juga memiliki kecepatan dan tackle yang baik sehingga pemain lawan akan sulit melewatinya.

2. Joshua Kimmich

Kimmich merupakan gelandang muda berkebangsaan Jerman yang bermain untuk Bayern Munich. Ia merupakan bagian kesuksesan dari Bayern Munich pada tahun 2020 dengan meraih sextuple atau 6 gelar sekaligus dalam satu musim.

Kimmich merupakan gelandang dengan kecerdasan yang tinggi. Ia memiliki kemampuan passing-passing pendek dengan baik, kemampuan umpan satu dua juga salah satu yang terbaik di dunia. Ia juga memiliki kemampuan bermain di berbagai posisi yang membuatnya paham permainan secara luas.

1. Carlos Casemeiro

Casemiro merupakan gelandang bertahan Real Madrid pada era kesuksesan Madrid menjuarai Liga Champions secara 3 musim berturut-turut. Perannya di lini tengah Real Madrid sangat vital untuk memutus serangan Lawan.

Permainan Casemiro di lapangan hijau sangat garang. Ia tak segan-segan menghentikan pergerakan lawan dengan keras. Meski bermain keras tapi tacklenya di lapangan cukup bersih sehingga tidak menimbulkan pelanggaran. Tak hanya membawa kesuksesan di Real Madrid, di level timnas pun ia berhasil membawa Brasil menjuarai Copa Libertadores.

Baca juga: 4 Alasan Portugal Akan Jadi Juara Euro 2021


Demikianlah ulasan tentang 12 gelandang bertahan terbaik . Ikuti terus konten-konten menarik lainnya seputar olahraga dan komunitas hanya di Teamplex. follow seluruh akun media sosial Teamplex untuk mendapatkan update-update berikutnya. Salam Olahraga!

Kategori: Sepakbola

0 Komentar

Tinggalkan Balasan