Euro 2021 akan menjadi pagelaran akbar persepakbolaan eropa. Rencananya Euro 2021 ini akan berlangsung pada bulan Juni 2021. Sebenarnya Euro kali ini dijadwalkan pada tahun 2020 lalu, namun karena pandemi virus covid-19 maka UEFA memutuskan untuk menunda Euro ke tahun 2021.

Banyak pengamat sepak bola yang mengatakan bahwa Euro adalah piala dunia mini. Tim-tim yang berlaga di Euro merupakan tim yang selalu menjadi langganan kandidat juara di setiap edisi piala dunia. Tak mengherankan jika Euro adalah turnamen yang banyak menjadi tontonan pecinta olahraga di dunia.

Euro kali ini akan memiliki 24 kontentastan. Klub-klub tersebut sebelumnya harus melalui kualifikasi terlebih dahulu. Di antara tim-tim tersebut ada yang lolos secara susah payah dan ada juga yang lolos dengan cukup mudah.

Portugal adalah salah satu tim yang bisa dibilang perjalanannya cukup mulus untuk menghadapi gelaran Euro 2021 ini. Tim ini pun mendapatkan banyak prediksi sebagai tim yang akan kembali menjuarai Euro di edisi kali ini. Mengapa demikian? Ada banyak faktor yang mendukung mengapa Portugal akan keluar sebagai Juara Euro 2021.


portugal calon juara euro 2021

1. Euro 2021 adalah Euro Terakhir Ronaldo

Euro 2021 bisa jadi akan menjadi ajang Euro terakhir bagi Cristiano Ronaldo. Setelah pertama kali debut pada Euro 2004 saat Portugal menjadi tuan rumah, CR7 tak pernah sekalipun absen dari panggilan timnas Portugal di ajang Euro.

Dengan semakin menuanya Ronaldo, Euro kali ini akan menjadi ajang kesempatan terakhirnya pada gelaran Euro untuk mengabdi pada negaranya. Sebelumnya Ronaldo yang selalu dicap gagal akhirnya berhasil memenangkan Euro pada edisi 2016 di Perancis, namun sayang di partai final saat itu ia harus mengalami cidera akibat benturannya dengan Dimitri Payet.

Ambisi Ronaldo ini akan membuat Portugal memiliki kans besar untuk memenangi Euro. Ajang ini sekaligus merupakan kesempatan bagi Ronaldo untuk menjadi pesepak bola terbaik sepanjang masa mengalahkan rival abadinya Lionel Messi yang belum pernah memenangi satu gelarpun bersama negaranya, Argentina.

Ikuti Kuis & Games Menarik Seputar Sepak Bola (Gratis)!

2. Skuad Berpengalaman

Pada gelaran Euro 2016 saat itu Portugal bukanlah salah satu kandidat utama untuk menjadi Juara. Nama Portugal masih jauh di bawah Jerman, Spanyol ataupun sang tuan rumah saat itu Perancis. Namun Portugal secara mengejutkan justru bisa keluar sebagai juara di ajang tersebut setelah mengalahkan Perancis dengan gol tunggal Eder di masa extra time.

Saat ini skuad Portugal telah jauh berkembang lebih bagus lagi, selain skuadnya sudah memiliki pengalaman menjuarai Euro 2016, mereka juga telah menjadi juara di UEFA Nation League.

Menjadi juara di UEFA Nation League menjadi ajang pembuktian bahwa Portugal kini telah siap dan memiliki peningkatan yang jauh lebih bagus daripada sebelumnya. Turnamen tersebut menjadi tolak ukur bagi beberapa tim seberapa dalam skuad mereka untuk menghadapi turnamen yang lebih besar lagi.

3. Skuad Lengkap di Setiap Lini

Portugal kini memiliki skuad yang lebih menyeramkan daripada skuad Portugal pada 2016 silam. Sebuah tim akan menjadi juara dengan mudah apabila memiliki skuad yang berisi pemain-pemain bintang. Kini taka da lini yang tak berisi pemain bintang oleh Portugal.

Posisi Pertahanan

Di posisi pertahanan Portugal memiliki skuad yang cukup solid. Rui Patricio masih menjadi penjaga gawang nomor satu bagi Portugal, sebelumnya ia berhasil mendapatkan penghargaan sebagai penjaga gawang terbaik pada Euro 2016.

Di sektor bek, Portugal memiliki dua center back yang sangat kokoh yaitu Ruben Dias dan Pepe, serta bek sayap yang sedang naik daun yaitu Joao Cancelo dan Nelson Semedo. Terkhusus untuk Cancelo, tahun 2021 satu bisi dibilang merupakan tahun terbaiknya. Ia menjadi bek sayap yang multi fungsi bagi penyerangan maupun pertahanan.

Dias kini menjadi palang pintu utama bagi Manchester City, setelah di datangkan dari Benfica, Dias langsung memberikan kontribusi bagi City dan menjadikannya tim dengan kebobolan paling sedikit di Premier League.

Pepe yang merupakan pemain senior tak perlu diragukan lagi akan segudang pegalamannya. Cancelo dan Semedo juga memiliki penampilan yang luar biasa bagi klubnya masing-masing, keduanya memiliki kecepatan di  atas rata-rata.

Pro & Kontra European Super League, Ini Penjelasannya

Poisisi Gelandang

Di lini tengah Portugal memiliki dua gelandang yang bermain bagi klub Manchester yaitu Bruno Fernandes dan Bernardo Silva.

Fernandes merupakan gelandang serang yang sangat produktif bagi Manchester United. Sejauh ini Fernandes merupakan salah satu pemain dengan kontribusi gol terbanyak di Liga Premier Inggris, padahal posisinya bukanlah seorang penyerang.

Tak kalah hebat dengan Fernandes, Silva juga merupakan gelandang andalan Manchester City, ia hamper selalu menjadi pilihan utama Pep Guardiola. Hanya taktik dan cedera yang membuatnya absen dari line up Manchester City.

Posisi Penyerang

Pada lini serang Portugal memiliki mega bintang Cristiano Ronaldo, Joao Felix dan Andre Silva. Ronaldo memiliki ambisi besar pada Euro kali ini sebab jika ia mencetak banyak gol, ia akan menjadi pemain dengan torehan gol terbanyak bagi sebuah negara.  

Joao Felix merupakan pemain berposisi penyerang yang bermain untuk Atletico Madrid. Felix merupakan salah satu pemain muda paling potensial di dunia, ia dianugerahi Golden Boy Award pada 2019 silam. Penghargaan yang diberikan kepada pemain muda yang memiliki bakat luar biasa untuk menjadi  pemain bintang di masa mendatang.

Selanjutnya ada nama Andre Silva. Silva merupakan penyerang saat ini bermain untuk Eintracht Frankfurt, klub yang bermain di bundesliga. Setelah kepindahannya ke Frankfurt, Silva seakan terlahir kembali. Ia menjadi penyerang yang haus gol. Silva bahkan kini menduduki daftar pencetak gol terbanyak nomor dua di bundesliga, mengalahkan Erling Haaland. Hanya Lewandowski, pemain yang memiliki torehan gol yang lebih banyak daripada Silva di Bundesliga

4. Usia Emas

portugal kandidat juara euro 2021
Skuad Portugal

Fisik merupakan salah satu elemen terpenting dalam olahraga sepak bola. Jika seorang pemain memiliki kecerdasan bermain, namun tidak memiliki kekuatan fisik yang bagus tentu akan menjadi sia-sia. Dengan memiliki fisik yang bagus seorang pesepak bola bisa menjalankan taktik dengan maksimal.

Usia emas pemain sepak bola berada di rentang 24 tahun hingga 30 tahun. Portugal kini dihuni oleh pemain-pemain yang sedang berada di masa keemasannya. Nama-nama seperti Ruben Dias, Joao Cancelo, Bruno Fernandes, Bernardo Silva dan Andre Silva sedang berada di usia emas seorang pemain sepak bola.

Sektor-sektor penting di dalam tim Portugal kini berada di usia emasnya. Faktor tersebut bisa menjadi penentu suksesnya Portugal di ajang Euro 2021. Pemain yang berada di usia Emas cenderung memiliki kematangan dari segi fisik maupun taktik bermain, pemain di usia emas pun pandai mengatur emosi tidak mudah terprovokasi dan memiliki mental yang kuat. 

Baca juga: Tips Atasi Cidera ACL, Cidera yang Hancurkan Banyak Atlet


Demikianlah ulasan tentang 4 alasan Portugal akan menjuarai Euro 2021 . Ikuti terus konten-konten menarik lainnya seputar olahraga dan komunitas hanya di Teamplex. follow seluruh akun media sosial Teamplex untuk mendapatkan update-update berikutnya. Salam Olahraga!

Kategori: Sepakbola

0 Komentar

Tinggalkan Balasan